Sabtu, 19 November 2011

Kemampuan Otak

Memori otak bisa ditingkatkan dengan  puluhan metode yang efektif yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan memori otak dengan berbagai strategi. Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan ingatan anda. Berikut beberapa pendekatan dasar yang bisa anda lakukan secara bertahap.
Mengurangi atau berhenti total mengkonsumi minuman beralkohol, karena minum minuman beralkohol   secara berlebihan akan mengurangi fungsi memori manusia . Untuk meningkatkan memori Anda tidak perlu untuk berhenti minum sama sekali tetapi untuk meningkatkan kesehatan tubuh alangkah lebih lebih baik jika anda terbebas dari minuman beralkohol sepenuhnya.
Untuk berfungsi lebih baik otak membutuhkan dua hal yaitu oksigen dan gula. Oleh karena itu, hal mendasar lain untuk memiliki ingatan yang baik adalah tercukupinya kedua komponen di atas. Olah raga setiap hari membuat anda mendapat cukup oksigen. Bahkan hanya denga berjalan cepat selama satu jam sehari cukup untuk meningkatkan peredaran darah dan oksigen ke otak. Pastikan juga anda mendapatkan karbohidrat cukup dan menu yang seimbang dan sehat setiap harinya.
Kemampuan memori otak manusia dan fisik anda bisa ditingkatkan dengan latihan-latihan ringan yang dilakukan secara rutin. Ini penting sekali, kaki anda tidak akan menjadi lebih kuat dengan duduk di kurs begitu juga dengan otak anda tidak akan menjadi lebih kuat dengan tidak aktif.
Cara terbaik untuk meningkatkan memori otak antara lain dengan  permainan teka-teki kata atau  nomor setiap hari. Atau dengan mengerjakan teka-teki silang, teka-teki Sudoku, dan jigsaw puzzle yang semua kegiatan membuat memori anda menjadi lebih kuat.

Melatih Otak Hindari Pikun

melatih otakMelaltih otak sama seperti halnya latihan fisik, latihan otak juga penting dalam rangka mencapai panjang umur dan hidup bahagia, latihan otak  terbukti untuk meningkatkan kemampuan kognitif seperti memori dan belajar. Latihan-latihan ini juga membantu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, spasial pengakuan dan kemampuan verbal. Jika dilakuakan dengan rutin latihan – latihan ini dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan, meningkatkan produktivitas anda di sekolah dan di tempat kerja, juga membantu anda dalam beraktivitas  dan lebih baik dalam segala hal yang anda lakukan.
Penelitian menunjukkan bahwa beberapa latihan otak mengaktifkan lobus frontal dalam cara yang lebih kuat dan bertindak sebagai booster otak dengan menghidupkan kembali neuron dan meningkatkan kreativitas otak Anda.
Salah satu cara melatih otak yang sederhana dan efektif adalah yang Anda mungkin anda bisa pertimbangkan adalah test refleks otak. Dalam test refleks otak ini, anda akan menguji seberapa cepat otak anda tanggapan terhadap stimulus tertentu. Anda bisa mendapatkan test ini  secara online atau melalui softwar – software  tes otak yang memungkinkan anda untuk mengukur waktu respons terhadap rangsangan tertentu, dengan cara merespon suatu perubahan gambar pada layar. Tujuan test ini adalah untuk mendapatkan skor 0,20 detik pada tes pertama dan 58 poin di tes kedua.
Permainan lainnya yang dianggap sebagai cara melatih otak kanan yang bagus adalah peregangan dan uji memori, teka-teki Sudoku, Rubik’s Cube, latihan konsentrasi. Permainan dan aktivitas ini tidak hanya bertujuan untuk merangsang kekuatan otak anda, tetapi kecerdasan spasial dan visual memori juga.
Pemecahan masalah matematika juga merupakan salah satu dari latihan otak sederhana, dengan menjawab pertanyaan matematika sebanyak mungkin pada periode waktu  yang lebih singkat adalah latihan yang baik juga untuk otak Anda.
Permainan lain yang baik untuk dicoba antara lain:  teka-teki, trivia, dan ilusi optik yang dianggap sebagai latihan otak yang efektif. Latihan ini akan benar-benar membantu anda dalam bekerja dengan menggunakan logika. Matematika, kosakata, keterampilan perhatian dapat  membantu anda dalam mengelola stres juga. Hal ini merupakan  cara-cara baru bermain cerdas sambil meningkatkan kesehatan mental Anda.
Teknik tambahan untuk melatih otak kanan anda yaitu dengan membaca cepat untuk membangun memori dan pemahaman dan mnemonik untuk penyimpanan informasi penting seperti nama, kata-kata dan angka.
Di samping banyak manfaat yang diberikan oleh latihan otak untuk memori dan kemampuan kognitif, latihan-latihan ini juga membantu mencegah  penyakit mental seperti penyakit Alzheimer, Parkinson dan demensia. Hilangnya ingatan berkaitan dengan penuaan dapat dihindari sepenuhnya dengan latihan otak ini dan hasilnya bisa untuk jangka panjang.
Para ahli juga mengatakan bahwa latihan-latihan ini membantu dalam meningkatkan tingkat kecerdasan anda, meskipun kekuatan otak seseorang tergantung pada berbagai faktor seperti kesehatan, diet, serta pola tidur.
Penuaan otak anda kini dapat dikembalik dengan melakukan latihan-latihan ini. Dan mencapai hasil yang diinginkan dan keuntungan jangka panjang didapat dengan  mudah jika anda mau mengalokasikan beberapa menit dari waktu anda setiap hari untuk melakukan beberapa latihan otak secara rutin.

Hidup Lebih Bahagia Dg Kemampuan Otak

kemampuan otakKemampuan Otak dalam kamus didefinisikan adalah “kekuatan otak atau kapasitas otak” definisi lain yang lebih mengenai kemampuan otak manusia yang lebih mengena adalah “Kekuasaan menggunakan kapasitas otak untuk melakukan atau bertindak secara efektif”.
Kekuasaan bukan hanya milik hal-hal yang memiliki potensi, tetapi kemampuan untuk menggunakannya. Kekuatan militer, misalnya, tidak muncul semata-mata dari kepemilikan senjata, tetapi juga orang-orang yang telah dilatih untuk menggunakannya.
Dengan cara yang sama, kecerdasan saja bukan  suatu bentuk kepandaian  jika tidak ada kemampuan untuk menggunakannya secara efektif. Mungkin kita sering menemukan orang-orang yang cerdas yang bisa bicara tanpa henti tentang hampir semua topik, tapi mengalami kesulitan benar-benar melakukan sesuatu dalam hidup. Anda mungkin mengatakan bahwa orang semacam itu memiliki banyak potensi kemampuan otak, tetapi ada sesuatu yang kurang yaitu ia tidak dapat menerapkan salah satu saja dari ide-idenya tersebut.
Kita kadang-kadang kagum pada kecerdasan, tapi kita lupa bahwa seperti semua yang adapada alat, tidak akan mempunyai nilai jika hanya sekedar potensi atau  hanya di dalam dirinya sendiri. Apakah satu miliar rupiah  memiliki nilai yang sesungguhnya jika hanya terkubur di dalam tanah? Apakah orang bisa kaya hanya karena ia mempunyai potensi bisnis yang lebih baik? Apakah  seorang seniman bisa hebat karena ia bisa belajar untuk menjadi lebih baik daripada yang terbaik? Potensi yang belum direalisasi sama dengan  belum terwujud.
Mendefinisikan Kekuatan Otak
Saya akan mengatakan bahwa Einstein, yang juga memiliki IQ tinggi, memiliki banyak kemampuan otak, karena ia menghasilkan banyak hal dengan kecerdasannya. Henry Ford, yang tidak dikenal karena IQ tinggi, juga memiliki banyak kemampuan otak, karena dia sangat efektif menggunakan intelejen yang dimilikinya. Lalu ada jutaan intelektual yang benar-benar memiliki potensi dan mungkin bahkan nilai IQ yang tinggi, tetapi sepertinya tidak pernah menemukan cara untuk membuat sesuatu  yang berarti untuk dunia ini  atau di kehidupan mereka sendiri. Dengan begitu berarti mereka tidak memiliki kemampuan otak yang nyata.
Jika Anda setuju dengan definisi kepintaran ini, dan anda ingin meningkatkan kemampuan otak anda, Anda harus melakukan beberapa hal.
Pertama, miliki lebih banyak pengetahuan yang dibutuhkan  dan belajar teknik-teknik tertentu seperti teknik-teknik pemecahan masalah. Di samping itu ada hal lain yang lebih penting yaitu  anda harus bisa menghubungkan kecerdasan mentah anda  dan teknik untuk kehidupan nyata.
Dengan kata lain, kemampuan otak anda tidak akan meningkat  jika memiliki teknik pemecahan masalah yang baru jika kita tidak pernah berusaha untuk menyelesaikan masalah nyata dengan teknik yang baru kita pelajari itu.  Dengan kata lain, semua hal yang kita tahu tentang fisika, biologi atau politik tidak akan berarti banyak jika kita hanya menghabiskan hidup kita untuk mencuci piring atau hal-hal lain yang tidak ada hubungannya dengan pengetahuan kita tadi.
Menariknya, banyak orang yang sangat cerdas tetapi tidak tahu cara meningkatkan kemampuan otak dan tidak bahagia. Mungkin ini diakibatkan oleh kurangnya usaha mereka untuk membuat hal-hal yang mereka ketahui untuk menjadi sesuatu yang dapat mereka terapkan guna mempermudah pemecahan masalah dalam kehidupan nyata mereka.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar